Rabu, 30 Juli 2008

Milis (Mailing List)

Setelah mempunyai e-mail address, maka Anda sudah dapat berkorespondensi dengan siapa saja ke seluruh pelosok dunia tanpa mengenal batasan geografis lagi, asal bisa terhubung ke internet. Bahkan sekarang e-mail (dan internet dapat diakses tidak hanya melalui computer, namun juga dapat diakses dari piranti lainnya seperti Handphone (GSM, CDMA), PDA baik menggunakan kabel (kabel telpon) maupun tanpa kabel (GPRS).

Salah satu penggunaan e-mail yang akan sangat bermanfaat adalah menggunakan e-mail sebagai sarana bertukar pikiran, berdiskusi baik serius maupun hanya sekedar berdiskusi lewat media yang lebih dikenal sebagai milis. Maka ketika Anda mengirim ke alamat milis ini, maka seluruh anggota milis bisa membaca e-mail Anda dan bisa mengomentari atau menjawab e-mail Anda.

Banyak situs yang memberika layanan milis, yang terkenal diantaranya www.yahoogroups.com, www.groups.or.id, dan juga dari Telkom www.plasagroups.com.

Disini tidak akan dibahas semua, tapi saya akan membahas milis dari yahoogroups.com saja.

Buka yahoogroups.com

Masukkan keyword yang ingin ingin kita ikuti dalam Milis untuk contoh Bisnis lalu klik Search atau Enter.

setelah masuk lalu ada beberapa point yang bisa Anda pilih untuk masuk grup.
Setelah masuk di area Grup, baca dengan seksama tentang Grup tersebut lalu kalau sudah mantap Anda bisa klik Join This Group
Setelah Anda diminta untuk memasukkan Yahoo id dan Password yang sudah Anda punya lalu klik Sign In.
Setelah masuk ada beberapa yang harus dilakukan lagi baca baik-baik jangan malas,
Isikan kotak kosong seperti gambar di atas sesuai Gambar huruf yang ada di sampingnya seperti gambar di atas. Lalu klik Join untuk masuk anggota Group.
Setelah semuanya selesai dan benar maka akan berhasil masuk group lalu klik Continue untuk mencari info group yang sudah diikuti.

Setelah semuanya selesai dan masuk masuk Group maka secara otomatis Anda akan mendapat E-mail dari group Anda dan tunggu beberapa saat untuk melihat E-mail masuk dan Anda harus membuka E-mail yang web yahoo.com,

Untuk mencari informasi lebih banyak tentang group yang diikuti silahkan masuk ke beberapa Group dan gali ilmu Anda lebih banyak.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: