Senin, 14 Juli 2008

Search Engine / Mesin Pencari

Kadang kita susah mengingat alamat situs dan kadang pula kita tidak bisa memastikan situs yang kita ingat bisa mendapat informasi yang kita inginkan, solusinya yaitu Mesin Pencari atau Search engine. Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui situs khusus untuk mencari informasi yang kita inginkan. Search engine menampung begitu banyak situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web, dan hanya cukup memasukkan keyword yang kita inginkan maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang kita cari disertai dengan keterangan singkat dan tinggal mengklik link tersebut.

Salah satu Search engine yang terkenal dan cepat dalam mencari informasi yaitu Google.com yang dalam pencariannya bersifat global atau seluruh dunia.


Baiklah, kali ini kita membahas search engine Google.com
Silahkan buka Mozilla dan masuk ke situs google.com,
Dalam pencariannya di situs google.com bisa mencari informasi mencari web, images (gambar), Groups, News dan lain sebagainya. Untuk contoh kita mencari situs Pendidikan, maka isikan keyword Pendidikan dan klik Telusuri dengan Google atau tekan Enter yang ada di bawah kolom keyword.
Maka akan tampil seperti ini,

Maka akan muncul daftar informasi tentang Pendidikan dan silahkan klik web yang sesuai dengan pencarian. Seperti gambar berikut,


Untuk contoh kita klik link seperti gambar di atas dan tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan baru dan mengenai situs Pendidikan dan tampilan situs Google.com akan tertutup menjadi link yang kita cari seperti gambar di bawah ini,


Dan apabila ingin kembali ke situs google dan mencari informasi pendidikan yang lain tinggal klik Back dan akan kembali ke situs google.com seperti semula.

Jadi peran search engine sangat penting dalam mencari informasi yang kita cari dan hanya mengetikkan keyword yang kita inginkan kita bisa mendapat informasi yang kita inginkan, oleh karena itu search engine memiliki beberapa keuntungan seperti :
  • Kita tidak perlu menghapal alamat situs tertentu untuk mencari informasi yang kita perlukan, cukup browse ke search engine lalu ketikkan keyword tertentu.
  • Mudah dalam mencari mencari informasi terutama para beginner atau pemula dalam menggunakan internet. Sehingga mereka hanya perlu mencari dengan menuliskan kata pada kotak search engine.
  • Sangat efektif sekali dalam mencari tugas-tugas sekolah atau kuliah atau sebuah penelitian. Sebelum melakukan penelitian bisa mencari informasi terlebih dahulu sehingga mempermudah dalam melakukan penelitian. Karena dari search engine inilah kita akan menemui berbagai informasi dari berbagai pihak.
Silahkan mencari informasi selain mencari web, seperti mencari gambar, groups dan sebagainya, sangat diharapkan untuk tidak melakukan pencarian tentang web atau gambar-gambar dewasa yang bisa mengakibatkan pikiran melayang dan tidak karuan yang bisa mengganggu mental kita.

Coba juga search engine lain seperti alltheweb.com, altavista.com, msn.com, yahoo.com, dan masih banyak lagi search engine.

Alltheweb.com
Altavista.com
Lycos.com
msn.com
yahoo.com

Ok, selamat mencoba!

Tidak ada komentar: