Jumat, 11 Juli 2008

Mengenal Dunia Internet


Internet (Interconnection Network) merupakan jaringan global yang terdiri dari berbagai komputer yang saling berhubungan di seluruh dunia yang berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Atau internet merupakan sumber informasi, media komunikasi dan media transaksi yang berlaku secara global.

Sejarahnya, Internet pertama kali dikembangkan oleh ARPANET (Advanced Research Project Agency) untuk keperluan militer pada tahun 1969. Karena internet merupakan suatu jaringan, yang mana suatu informasi dapat dikirim dari suatu komputer ke komputer yang lain. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pemindahan berbagai data penting apabila terjadi perang.

Jumlah pengguna Internet yang semakin banyak dan berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan adanya mesin pencari (Search Engine = Google, Yahoo, altavista, alltheweb dan lain sebagainya) pengguna internet bisa dengan mudah mengakses bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku, majalah, dan media lainnya yang sangat terbatas dalam mencari informasi. Sampai-sampai para guru yang mengajar di sekolah merasa kesulitan dalam mengajar karena proses belajar sudah dilakukan para muridnya dan tidak hanya dilakukan di sekolah saja dan hanya beberapa buku yang bisa digunakan untuk belajar tapi dengan internet semuanya bisa dipelajari dan tidak terbatas pada materi yang tersedia. Sehingga bisa saja guru tersaingi dalam materi pelajarannya oleh karena itu para guru harus lebih rajin dalam mencari informasi lebih banyak lagi.

Ya, dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses yang mudah atas bermacam-macam informasi. Internet merupakan informasi secara ekstrim.

Dalam perkembangannya Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai macam transaksi jual beli sudah bisa dilakukan melalui internet yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka, kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce atau juga internet marketing. Anda bisa mempelajarinya di beberapa kursusan untuk mempelajari Internet Marketing untuk bisa berbisnis lewat internet karena bisnis melalui internet merupakan bisnis yang benar-benar nyata.

1 komentar:

BELAJAR INTERNET - GRATIS mengatakan...

Terima kasih mas Kholis atas ilmunya, terus terang saya masih baru dalam mempelajari internet